Some Reasons Why Being a Bilingual is Cool

Di era yang serba digital segala sesuatunya membutuhkan sesuatu yang serba memiliki poin plus. Persaingan tidak akan berkurang dan justru semakin meningkat setiap harinya. Kita juga harus memiliki poin plus agar mampu untuk survive. Salah sat hal yang seringkali dikesampingkan adalah penguasaan bahasa. Padahal di era global kemampuan berbahasa asing sangat penting. Berikut ini adalah alasan mengapa menjadi bilingual atau lebih itu sangat keren :

Upgrade Your Social Skill and New Insight

Kemampuan berbicara dengan dua bahasa atau lebih menjadi kelebihan bagi anda. Anda bisa berinteraksi dengan orang dengan background bahasa dan budaya yang berbeda. Hal ini akan membuat lingkup pertemanan anda menjadi jauh lebih luas dibandingkan dengan mereka yang hanya menguasai satu bahasa saja. Bayangkan jika anda bisa belajar bahasa Inggris saja anda sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara, jika anda bisa berbahasa lain lain seperti Prancis atau Jerman maka dijamin anda bisa menjalin pembicaraan yang lebih dalam dengan mereka. Pasti mereka juga akan sangat respect dengan anda. Ketika berinteraksi dengan mereka, secara tidak langsung anda sekaligus mengupgrade pengetahuan dan insight baru, menarik kan?

Help You to Face After-School Life

Akan pasti akan sependapat jika saat ini persaingan kerja semakin ketat. Anda harus memiliki kelebihan khusus agar bisa terlihat unggul dibandingkan dengan kandidat lainnya. Dengan anda memiliki kemampuan menguasai dua bahasa asing atau lebih, tentu ini akan menjadi poin plus bagi anda. Apalagi saat ini sudah menjadi era global yang koneksi bisnis dengan luar negeri menjadi tidak terbatas. Perusahaan besar akan mencari karyawan yang juga mampu menghandle pekerjaan yang bersifat global. Bahkan sangat besar kemungkinan anda akan ditempatkan di kantor perusahaan yang berada di luar negeri.

New Career? Oh Here We Go!

Perlu anda ketahui, saat ini masih ada kantor yang belum mengeksplorasi kemampuan bahasa asing. Mungkin kantor anda salah satunya? Namun anda tidak perlu khawatir. Kemampuan anda tidak akan pernah berakhir sia-sia. Anda tetap mencari pekerjaan sampingan yang memanfaatkan kemampuan berbahasa asing anda. Banyak pilihan pekerjaan lepas yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing seperti membuka kursus bahasa asing, menjadi penerjemah, menjadi pemandu wisata, dan masih banyak lagi. Cermatlah dalam melihat peluang kerja di sekitar anda. Namun pastikan hal itu tidak mengganggu pekerjaan utama anda, ya!

Raise Your Awareness and Problem Solving

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang memiliki kemampuan bilingual atau multilingual yang baik juga berbanding lurus dengan kemampuan problem solving mereka. Mereka mampu menyerap dan memproses informasi secara lebih baik sehingga menghasilkan keputusan yang rasional. Akan sangat baik jika kemampuan bilingual dibentuk sejak dini. Apalagi sekarang banyak sekolah international yang semakin memberi anda fasilitas mengembangkan jiwa bilingual anda.

Forever Young is a Bonus

Tahukah anda jika seorang bilingual anda punya potensi untuk awet muda? Kemampuan bahasa asing akan memperlambat penuaan secara kognitif. Otak anda terbiasa memproses banyak informasi sehingga selalu aktif. Orang dengan kemampuan bilingual juga memperlambat terjadinya demensia dan alzheimer di usia tua.

Post Comment