Tips Kuliah di Luar Negri

Mengambil kuliah di luar negeri sudah menjadi tren yang cukup lama. Namun, memilih untuk bersekolah di luar negeri sebelum kuliah masih belum banyak yang mencobanya. Apakah anda tertarik untuk menyekolahkan anak anda di luar negeri? Jika anda masih ragu, berikut ini bisa jadi alasan yang akan membulatkan tekad anda mengirim anak anda untuk bersekolah di luar negeri di usia SMA.

Waktu yang Pas Mengembangkan Bahasa Lebih Dalam

Menurut hasil penelitian MIT, masa sebelum usia 17 tahun adalah masa di mana anak bisa fasih berbahasa asing tanpa aksen. Dengan memilih untuk belajar di luar negeri sejak SMA akan membuat anak lebih mudah beradaptasi dengan aksen bahasa Inggris. Bagi sebagian orang mungkin aksen tidak begitu penting. Namun, ini akan sangat membantu ketika anak akan melanjutkan studi tingkat universitas di luar negeri. Anak tidak akan kaget dan kaku karena sudah beradaptasi sejak sekolah.

Lebih Memahami Penulisan Academic Berbasis Internasional Lebih Awal

Kurikulum yang dipakai di luar negeri tentu berbeda dengan kurikulum dalam negeri. Apalagi jika sekolah yang anda pilih adalah sekolah berbasis kurikulum internasional. Salah satu materi yang diajarkan adalah menulis academic writing yang berstandar internasional. Di sekolah nasional atau dalam negeri materi demikian hanya diberikan di sekolah internasional tertentu atau bahkan malah baru diberikan di tingkat universitas. Ketika anak anda bersekolah di luar negeri tentu akan mendapatkan poin plus.

Lebih Beradaptasi dengan Gaya Belajar yang Berbeda

Perlu anda ketahui bahwa setiap negara memiliki gaya belajar yang berbeda. Ketika andamemilih untuk menyekolahkan anak anda di luar negeri sejak SMA dia akan mulai beradaptasi. Beradaptasi dari segi bahasa, makanan, style belajar, dan interaksi sosial. Ketika anak anda sudah lulus SMA dia akan lebih mudah menyesuaikan diri di kehidupan universitas. Umumnya iklim pendidikan di universitas dan SMA di negara yang sama tidak jauh berbeda.

Jaringan Pertemanan Menjadi Lebih Luas

Sering kita dengar kalimat yang mengatakan bahwa kunci sukses di manapun kita berada adalah jaringan. Dengan meyekolahkan anak anda di luar negeri, dia mau tidak mau akan bergaul dengan teman-teman baru yang bisa saja berasal dari banyak negara. Di sinilah skill bersosialisasi anak anda akan terus diasah.

Kesempatan Masuk Universitas Top Lebih Terbuka

Pelajaran yang diberikan sekolah di luar negeri menyesuaikan dengan kurikulum negara tersebut. Selain itu sistem pendidikan di luar negeri juga berbeda dibandingkan dengan di dalam negeri. Universitas top di luar negeri tentu mengutamakan sekolah-sekolag unggulan dari dalam negeri mereka terlebih dahulu baru memberi kuota kepada sekolah dari luar negeri. Nah, jika anak anda sudah menempuh pendidikan sejak jenjang SMA di luar negeri, maka ini akan menjadi poin plus. Kesempatan anak anda untuk lanjut ke universitas top di negara bersangkutan akan lebih terbuka.

Itulah beberapa poin mengenai keuntungan untuk belajar di luar negeri sejak bangku SMA. Anda tentu bisa mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan buah hati anda terkait dengan visi, misi, serta minat anak anda sebelum memilih sekolah di luar negeri.

Post Comment